Bupati Bolsel Resmikan Pos TNI AL di Pantai Panango

0
747

Bolsel, Inatonreport.Com – Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, bersama Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VIII/Manado, Kolonel Marinir Edi Juardi meresmikan Pos TNI Angkatan Laut, di Pantai Panango Desa Tabilaa Kecamatan Bolaang Uki, Kamis (14/2019) sekitar pukul 09.00 WITA.

Pos TNI Angkatan Laut ini didirikan di lahan hibah dari Pemkab Bolsel, semasa Hi Herson Mayulu SIP masih menjabat Bupati Bolsel 2018 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kamaru mengatakan, bahwa terwujudnya Pos TNI AL ini merupakan sumbangsih dari mantan Bupati Bolsel Herson Mayulu saat masih menjabat.

Ide dan gagasan ini tercipta, karena melihat kondisi teritorial perairan Bolsel sepanjang 239 kilo meter dari bibir pantai yang rawan akan Ilegal fishing.

“Perairan laut Bolsel sangat rawan dengan Ilegal fishing. Dengan adanya Pos TNI AL, maka sinergitas TNI dan Pemkab bisa terjalin, demi menjaga keamanan laut Bolsel. Untuk itu, kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada TNI AL Lantamal VIII/Mdo, dan Pak Herson Mayulu, ” tutur Kamaru.

Senada, Wadan Lantamal, Kolonel Marinir Edi Juardi mengatakan, Pos TNI AL ini akan berperan menjaga keamanan di seluruh wilayah kemaritiman Kabupaten Bolsel, dan akan difungsikan semaksimal mungkin.

“Posal akan berperan lebih besar, karena letak Pos TNI AL di Bolsel sangat strategis berada di depan Teluk Tomini, ” kata Kolonel Marinir Edi Juardi, usai acara peresmian Posal TNI AL.

Ditambahkannya, ke depan sarana dan prasarana (Sarpras), serta personel patroli Posal Bolsel akan ditambah secara bertahap.

“Jumlah personel idealnya 12 orang. Tapi,  sementara 4 orang. Kita berharap nantinya ada kapal patroli yang beroperasi. Tapi, paling tidak ada perahu karet kecil disini,” terang Juardi kepada sejumlah awak media.

Lanjut Juardi, rencananya Pos TNI AL tersebut akan dilengkapi dengan alat komunikasi yang memadai, yang nanti bisa terkoneksi langsung dengan Lantamal VIII, sehingga akan menjadi mata dan telinga Lantamal

Tak lupa, Juardi memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Bolsel yang telah membangun dan menghibahkan Posal yang baru saja diresmikan.

“Ini sangat positif. Kami sangat mengapresiasi. Apalagi menurut penyampaian pak Bupati, masih sering terjadi pelanggaran. Seperti pengeboman ikan. Hal ini sangat merugikan. Kita akan menjaga kekayaan hayati yang ada di laut Bolsel,” ungkap Juardi.

Hadir dalam kegiatan, Mantan Bupati Bolsel yang saat ini merupakan Caleg DPR RI dari PDIP Hi Herson Mayulu SIP, jajaran Lantamal VIII/Mdo, Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Drs Sugiatna MM, Ketua DPRD Bolsel Abdi Van Gobel SE, Dandim 1303 /Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi CahyonoSSos, Perwira Penghubung Bolsel Mayor Inf Abdul Kadir Sampir, Kapolsek Urban Bolaang Uki Kompol Baharudin Samin, Sekda Bolsel Marsansius Arvan Ohy STtp, Danramil 1303-08/BU Kapten Inf Janny Mamangkey, Danramil 1303-06/Pnl Pelda Junil, Asisten Sekda Bolsel, Kepala OPD Pemkab Bolsel, camat, sangadi, tokoh masyarakat, adat, dan agama, serta masyarakat Panango.

*Adve

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.