BPBJ Bolsel Gelar Pelatihan Aplikasi LPSE V4.3

0
460

Bolsel, Inatonreport.Com – Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar pelatihan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4.3.

Pelatihan tersebut difasilitasi oleh Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bertempat di ruang training Biro PBJ, Rabu (29/1/2020).

Kepala BPBJ Bolsel, Anas Kangiden, pada pembukaan pelatihan mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas pengelola barang dan jasa pemerintah khusunya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan (PP) di seluruh Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD).

“Sehingga, tercipta proses pengadaan yang transparan dan akuntabel sesuai amanat Perpres Nomor: 16 Tahun 2018, tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta Perlem LKPP Nomor: 9 Tahun 2018,” ungkapnya.

Menurut Anas, dengan SPSE versi baru ini, maka pembuatan dokumen kontrak dilakukan melalui sistem atau tidak manual lagi. Kemudian, jika sebelumnya paket pekerjaan ditentapkan olehPokja, maka ke depan dibuat sendiri oleh PPK.

“Jadi nantinya, semua transaksi baik tender maupun non tender wajib dicatat dalam aplikasi. Sehingga memudahkan proses monitoring,” sebutnya.

Adapun beberapa kelebihan aplikasi SPSE versi 4.3 ini, selain dokumen lelang dibuat secara elektronik melalui aplikasi SPSE, dalam aplikasi ini syarat penawaran sudah terperinci.

“Selain itu, proses evaluasi harga dan koreksi aritmatik dilakukan secara otomatis oleh aplikasi, serta aplikasi SPSE sudah menginformasikan secara terperinci hasil evaluasi. Sehingga lebih transparan bagi masyarakat,” pungkas Anas.

*HS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.