Pasca Banjir, Sungai Dua Desa di Bolmong Masih Berbahaya

0
394

Bolmong, Inatonreport.Com – Banjir bandang yang melanda Desa Domisil dan Desa Pangi, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu dini hari (4/3) telah meluluh lantahkan dua desa tersebut.

Ribuan material lumpur bercampur batu dan batang pohon menghantam rumah warga. Lumpur tersebut ikut menutup dua sungai di dua desa terdampak.

Akibat ditutupi sedimen lumpur bercampur batu dan batang pohon, sungai menjadi dangkal. Hal ini sangat membahayakan warga. Jika terjadi hujan deras, diperkirakan dapat menyebabkan banjir susulan.
Mengantisipasi kejadian itu terulang kembali, Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow minta agar Balai Sungai Provinsi Sulawesi Utara turun tangan.

“Alat berat yang bekerja saat ini milik Pemda Bolmong,” kata Yasti. Lebih lanjut katanya, kemarin dia telah menghubungi Balai Sungai untuk ikut membersihkan material yang menutupi dua sungai.

Menurut Bupati, sungai – sungai kita di Domisil dan Pangi sangat berbahaya. “Luar biasa semua sedimennya sudah menggenangi alur sungai. Existing yang ada sudah punya dua jalur sungai yang lain,” katanya.

Akibatnya, alur sungai berubah. Ini cukup berbahaya dan harus mendapat penanganan langsung Balai Sungai. PUPR telah melakukan peghitungan normalisasi sungai yang perlu segera dilakukan. Untuk sungai Desa Domisil sepanjang 1,2 km dan Desa Pangi dengan panjang 1,1 km.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.