Petani Bersama Babinsa Cabut Benih Padi Siap Tanam

0
502

Bolmong, Inatonreport.Com – Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serka Ronald Malendes membantu petani mencabut dan memindahkan bibit padi yang siap untuk ditanam di lahan sawah milik Bapak Hamdi Paputungan warga Desa Tungoi Satu Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, Senin (15/06/2020).

Serka Ronald Malendes saat mendampingi petani mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan kali ini mencabut benih padi Varietas Serayu yang sudah berumur 25 hari.

“Seperti kita ketahui bersama, selama proses tanam padi, tahapan yang dikerjakan meliputi penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan ataupun proses lainnya hingga masa panen,” ucap Serka Ronald.

Lanjutnya, di antara proses penyemaian dan penanaman benih padi ada satu fase yang harus dilalui yaitu pencabutan dan pengambilan bibit padi siap tanam dari tempat penyemaian.

“Penyemaian ini dilakukan pada saat bibit padi sudah siap untuk ditanam atau siap untuk ditandurkan dengan umur bibit sekitar 24 sampai 26 hari setelah penyemaian, seperti yang dilakukannya saat ini dengan terjun langsung ke sawah mendampingi dan membantu petani, mencabut benih padi siap tanam,” ujar Serka Ronald.

Serka Ronald Malendes juga berpesan dan mengimbau kepada para petani agar mengupayakan percepatan masa persiapan tanam.

“Sehingga target produksi padi dapat meningkat dan secara otomatis ketahanan pangan di wilayah akan tercapai,” tuturnya.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.