Kodim 1303/Bolmong Rapat LATGULBENCAL Bersama Pemda Bolmut

0
486

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1303/Bolaang Mongondow (Bolmong) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara melaksanakan Rapat Koordinasi Latihan Penanggulangan Bencana Alam (LATGULBENCAL) dilangsungkan di Ruang Rapat Makodim 1303 Bolmong, Jum’at (02/10/2020).

Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution S.IP berterima kasih kepada Pemda Bolmut dalam hal ini Dinas Tekhnis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmut menginisiasi persiapan awal melalui Rapat hari ini yang menghadirkan beberapa Dinas terkait.

“Rapat ini bertujuan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan latihan penanggulangan bencana alam banjir dan tanah longsor di Wilayah Kabupaten Bolmut sehingga diperoleh kesamaan persepsi serta dapat dilaksanakan secara berhasil dan berdayagun,”ungkapnya.

Dandim menekankan bahwa rapat ini juga sebagai persiapan awal yang dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, maka dalam latihan nanti pun harus disiplin dan patuhi protokol kesehatan Covid-19.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, TNI sendiri dalam hal ini Kodim 1303/BM untuk persiapan program pelatihan penanggulangan bencana alam yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bolmut dengan menurunkan kekuatan sebanyak 357 anggota.

“Untuk menunjang kesuksesan program yang akan dijalankan saya akan menurunkan 357 Anggota Kodim, biar apa yang sudah menjadi target dari kegiatan tersebut akan terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama,” ujar Dandim Bolmong.

Sementara itu, Kaban BPBD Viktor Nanlesy dalam rapat berlangsung mengungkapkan atas nama Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh Wakil Bupati Bolmut Drs. H. Amin Lasena MAP dan Sekretaris Daerah merespon baik dan akan mensupport untuk terlaksananya kegiatan ini. Dikatakan bahwa dalam latihan nanti untuk bencana yang akan disimulasikan yaitu banjir dan tanah longsor juga diharapkan untuk memahami tahapan-tahapan penanggulangan bencana alam dari teori hingga teknis di lapangan.

“Saya akan berkordinasi dengan SKPD terkait yang juga hadir dalam rapat di Kodim 1303/BM hari ini, untuk membicarakan persiapan lanjutan apa saja yang akan kami lakukan untuk menunjang kesuksesan kegiatan nanti,” tutur Kaban.

Turut hadir juga dalam rapat tersebut, Kadis Sosial, Camat Sangkub, Kabid Cipta Karya PUPR, Kabid dan Sekretaris Dinas Kesehatan, Sekretaris Satpol-PP, Kabid Sarkom dan Desiminasi Informasi Diskominfo Bolmut beserta dua orang staf, Kabid Trantib Pol-PP, Kabid dan Kasubag Perbendaharaan BPBD. Serta Kasdim 1303/Bolmong Mayor Inf Burhan S.Sos dan Dokter Kesdim 1303/Bolmong Kotamobagu, Perwira Penghubung dan para Danramil se-Bolmut, Ketua RAPI Bolmut dan Sangadi Sangkub Timur.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.