Penyaluran Bansos Tahap IV Bencana Non Alam Bolmong Berakhir di Tungoi

0
333

Bolmong, Inatonreport.Com – Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyerahkan bantuan sosial bencana non alam Kecamatan Lolayan, Jumat(2/10).

Desa Tungoi merupakan titik terakhir penyerahan Bansos pada periode ke IV yang telah dijadwalkan selama 9 bulan. Total bantuan yang disalurkan di Kabupaten Bolaang Mongondow mencapai 19.373 kepala keluarga bantuan APBD. Jika ditambah dengan APBN bisa mencapai 90-an ribu kepala keluarga di 15 kecamatan.

Khusus Kecamatan Lolayan, jumlah penerima pada tahap ini baik APBN maupun APBD mencapai 6.204 kepala keluarga. Kesempatan ini digunakan Yasti untuk menyosialisasikan protokol kesehatan yaitu gerakan 3 M.

“Mengapa perlu ada 3 M,” kata Yasti. Mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker, kata Yasti, “karena orang yang meninggal akibat Covid sudah mencapai 1 juta”.

Bahkan, peningkatan paparan Covid di Indonesia terus bertambah setiap hari. Mengantisipasi meluasnya penyebaran, Yasti mengatakan akan mengeluarkan peraturan daerah tentang 3 M ini. Dengan adanya Perda maka ada sanksi yang dikenakan bagi para pelanggar.

Lebih lanjut terangnya, tempat ibadah dilarang dijadikan tempat kampanye pemilihan. Selain itu, katanya, ada pembatasan undangan untuk hajatan.

“Maksimal 30 orang”, ujarnya berulang kali. Dia mengingatkan, Bolmong masuk dalam zona orange karena paparan Covid telah mencapai 50 orang. Sehingga, protokol kesehatan dan larangan pemerintah harus diindahkan.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.