Pemkab Bolmong Terima Penghargaan Daerah Cukup Peduli HAM dan Pelayanan Publik

0
266

Bolmong, Inatonreport.Com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) meraih penghargaan sebagai Daerah Cukup Peduli HAM dan Pelayanan Publik.

Penghargaan yang diserahkan oleh Edison Humian, Asisten 1 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, itu diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM, yang mewakili Bupati Bolmong Dra Hj Yasti S Mokoagow, bertempat di Aula C.J Rantung, Kantor Gubernur Sulut, Senin (14/12/2020).

“Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Pemerintahan Bolmong. Karena menandakan bahwa Kabupaten Bolmong Cukup peduli akan HAM. Ini harus dipertahankan untuk mendukung pembangunan daerah.” Ucap Triasmara Akub, Kepala Bagian Hukum Setda Bolmong.

Lanjut Triasmara, melalui surat dari Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Sulut, selain Kabupaten Bolaang Mongondow yang masuk kategori kabupaten Cukup Peduli HAM, salah satunya juga Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), yang diikuti Kantor lmigrasi Klas II Tahuna dengan kategori pelayanan Publik berbasis HAM.

Triasmara, juga menambahkan, enam daerah yang lain, masuk kategori Peduli HAM, diantaranya Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kota Bitung, Kota Kotamobagu dan Kota Tomohon.

Penghargaan yang diserahkan ini merupakan hasil penilaian kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2019 yang penghargaannya diserahkan pada Tahun 2020. Dan dari hasil penilaian, Bolmong salah satu dari Kabupaten yang terpilih sebagai Kabupaten dengan kategori Cukup Peduli HAM.

Seperti diketahui, penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM dilakukan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia. Dan penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten/Kota yang dinilai telah menegakkan HAM melalui program-program pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya yang sifatnya pemenuhan hak-hak dasar masyarakat.

Penilaiannya mencakup 7 kriteria macam Hak, yaitu hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Seperti diketahui juga, sebelumnya di Tahun 2019 silam, penganugerahan Kabupaten peduli HAM juga diterima Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

*Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.