Nelayan di Bolmong dapat Bantuan Perahu dan Alat Pancing Modern

0
48

Bolmong, Inatonreport.Com – Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar pelatihan penggunaan alat tangkap pancing modern, sekaligus penyerahan bantuan alat tangkap kepala kelompok nelayan, bertempat di Pantai Motabang (D’cantika) Desa Motabang Kecamatan Lolak, Jumat (20/8/2021).

, serta dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Tahlis Gallang SIP MM, didampingi Kadis Perikanan Parman Ginano.

Sekretaris Daerah Tahlis Gallang SIP MM yang didampingi Kadis Perikanan Parman Ginano, mengatakan, pemerintah daerah menganggarkan bantuan alat pancing modern untuk digunakan dalam meningkatkan produktivitas perikanan laut.

“Saya sudah mencobanya mulai dari alat tangkap tradisional menggunakan handline hingga menggunakan alat pancing modern ini. Hasilnya lebih memuaskan ketika kita menggunakan alat pancing modern. Bahkan dalam proses penangkapannya lebih mudah kita lakukan dibanding dengan alat pancing tradisional,” ungkap Tahlis.

Tahlis telah menguji bersama dengan nelayan tradisional dengan alat pancing tradisional yang digunakan, dirinya menggunakan alat pancing modern.

“Saya hanya sendiri, nelayan tradisional empat orang. Saya tantang selama sehari semalam, jika hasil mereka lebih banyak dari hasil tangkapan saya, saya kasih hadiah berupa uang tunai. Tapi buktinya empat orang itu kalah dengan saya menggunakan alat tangkap modern ini. Ini saya lakukan bersama dengan Nelayan Desa Ambang Satu,” kata Tahlis.

Jika nelayan tradisional mulai menggunakan alat pancing modern tentunya hasil tangkapannya juga akan memuaskan tergantung dari teknik memancing masing-masing nelayan.

“Ada beberapa metode teknik memancing dengan menggunakan alat tangkap modern. Ada teknik throwing, ada teknik Jiggingcasting, popping dan bisa juga digunakan untuk dasaran. Kalau saya dan teman-teman mancing sering menggunakan teknik jigging. Semua tergantung dari daerah fishing ground yang tempat kita mancing,” jelas Tahlis.

Selain bantuan alat pancing modern, Tahlis juga menyerahkan secara simbolis bantuan perahu nelayan kepada Koperasi Perikanan, yang dianggarkan oleh daerah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

*Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.