Bupati Bolmong Seriusi Penanganan Pasca Banjir Sangtombolang

0
403

Bolmong, Inatonreport.Com – Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow melihat langsung upaya pembersihan akibat banjir yang terjadi Rabu kemarin.

Beberapa alat berat diturunkan untuk membersihkan sisa-sisa terjangan banjir akibat hujan yang terus turun sepanjang sepekan ini.

Kepada masyarakat Bupati minta agar selalu waspada karena bencana serupa dapat terjadi kapan saja. Dia juga memberikan apresiasi atas kesiapsiagaan dari Satgas bencana dan relawan.

Yasti minta agar kita selalu menjaga lahan agar tidak gundul.

“Saya mengajak untuk selalu memelihara alam dan selalu bijak dalam mengelola alam dengan tidak melakukan penggundulan lahan. Lahan yang kita miliki berfungsi sebagai daerah resapan air, agar bencana serupa tidak terulang kembali,” tutur Yasti.

Pada kunjungan tersebut, Bupati memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Bantuan berupa uang tunai diterima langsung Kepala Desa Batu Merah Yokber Sasundu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD Bolmong Sahril Mokoagow bersama Kadis Kominfo Jenli Mongilong, Kadis Capil Iswanto Gonibala, Kadis Pendidikan Renti Mokoginta turut mendampingi Bupati

Sahril mengatakan, banjir yang terjadi di Kecamatan Sangtombolang merupakan banjir musiman tahunan akibat hujan dengan intensitas tinggi.

Menurut dia, intensitas hujan tinggi menjadi pemicu banjir. Akibatnya, air meluap hingga ke perkampungan warga.

Dari data yang dihimpun BPBD, kerusakan yang timbul akibat tejangan banjir yaitu rusaknya beberapa rumah warga, pos satgas, gedung sekolah dan gereja. Hingga saat ini BPBD masih melakukan pendataan kerugian materil yang terjadi.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.