Kotamobagu “Awas” Antrax, Masyarakat Diminta Waspada

0
1381

Kotamobagu, inatonreport.com – Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Raya masuk  zona kuning atau “awas” setelah ditemukannya penyakit antrax di Desa Miniha, Kecamatan Helumo, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Kotamobagu, Vonny Kawuwung, mengungkapkan hal itu, Jumat(17/3) pagi, di kantornya. Menurutnya, warning telah disampaikan Dinas Kesehatan dan Distanak Provinsi Sulut.

“Hari ini, tim dari provinsi akan turun ke lokasi kejadian,” kata Vonny. Kasus ini, masuk kategori kejadian luar biasa. Untuk itu, ia minta masyarakat agar mewaspadai berjangkitnya antrax ke manusia.

Ia pun menerangkan, jika ada orang Bolsel datang ke Kotamobagu dan mengkonsumsi makanan disini, tidak mengapa. Tapi, yang dikhawatirkan, jika ada orang Kotamobagu menuju Bolsel dan makan di sana. “Saat ini, kita berupaya menjaga agar jangan sampai penyakit ini masuk,” katanya.

Gejala yang dialami biasanya demam dan panas. Dan dalam tiga hari, penderita bisa meninggal. Penyakit ini, tergolong berbahaya, karena sangat mematikan, tandasnya.

Saat ini, pihak Dinas Kesehatan terus berkoordinasi dengan DP4K Kotamobagu dalam menangani kasus ini, pungkasnya.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.