Hari Pertama Ramadhan, Bapok di Boltim Sudah Alami Kenaikan Harga

0
833

Boltim, Inatonreport.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika menjelang bulan puasa Ramadhan selalu ada kenaikan bahan pokok (Bapok) seperti bawang, rica dan tomat (Barito).

Hal ini berdasarkan penuturan salah satu pedagang Pasar Kotabunan, Dedi Matoa kepada awak media Kamis (17/5).

Dedi mengaku, saat ini harga rica sudah mencapai Rp16 ribu perkilogram, yang sebelumnya hanya Rp10 ribu/Kg. Harga naik tersebut sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir ini.

Selain rica, harga komoditi bawang merah, bawang putih dan tomat juga naik. Harga jual bawang merah harga naik dari Rp58 ribu menjadi Rp 60 ribu/Kg. Batang bawang dari Rp2 ribu menjadi Rp2500 ribu per satu ikat.

Sedangkan, bawang putih sebelumnya Rp30 ribu/kg, kini menjadi Rp40 ribu/kg. Harga tomat dari Rp10 ribu per/kg naik Rp12 ribu per/kg.

Dedi menambahkan, selain Barito, telur ayam berpotensi naik secara drastis.

“Sebelumnya per satu bak Rp58 ribu, kini sudah menjadi Rp65 ribu. Ini baru hari pertama Ramadhan, sehingga saya yakin telut ayam ke depan akan melambung harganya,” ujar Dedi.

Kenaikan harga tersebut tak ditampik Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disdagkop) Boltim, Ramlah Mokodompis.

Mokodompis mengakui harga barang yang naik jelang bulan suci Ramadhan, yaitu bawang rica dan tomat.

“Kalau harga naik, kita akan minta suplai dari daerah lain. Kenaikan harga itu tergantung penawaran dan permintaan. Bagi pedagang Barito di Boltim diimbau agar tidak menyuplai barang ke luar daerah. Sehingga stok kita bisa stabil,” harap Momodompis.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.