Babinsa Dampingi Petani Mopusi Jemur Gabah

0
603

Bolmong, Inatonreport.Com – Demi meningkatkan swasembada pangan, Babinsa Desa MopusiKoramil 1303-04/Lolayan, Serda Udin, membantu menjemur gabah milik Mas’Ud Bolod, di Desa Mopusi Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong, Rabu (19/12/2018).‎

Pendampingan petani tersebut dilakukan oleh Babinsa, untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

“Sebagai aparat kewilayahan, seorang Babinsa senantiasa selalu berkoordinasi dengan petugas PPL untuk bersama-sama mendampingi serta hadir ke sawah untuk membantu dan memberikan bimbingan kepada petani masalah pertanian, sehingga pada hasil panen para petani dapat meningkat demi terwujudnya swasembada pangan,” ujar Udin.

Sementara, Plh Danramil 1303-04/Lolayan, Pelda Beldy Pomo, menyampaikan bahwa melakukan penjemuran padi memang harus dilakukan agar padi tersebut tidak lembab, rusak, busuk dan menurunnya mutu padi pasca panen.

Seorang Babinsa yang fungsi dan tugasnya melakukan pembinaan di desa sekaligus melakukan bimbingan terhadap kelompok tani, sehingga ia harus terjun aktif dalam memberikan pendampingan kepada kelompok tani, agar petani betul-betul merasakan manfaat dari kehadiran Babinsa.

Ia berharap, ke depan Babinsa terus bersinergi dengan masyarakat dan kelompok tani agar pencapaian hasil panen terus meningkat.

“Salah satu permasalahan klasik yang dihadapi petani dalam menjual padi hasil panen miliknya, adalah karena faktor kadar air dan kebersihan gabah. Untuk menyelesaikan masalah itu dibutuhkan area penjemuran yang baik dan cukup untuk meningkatkan kualitas padi,” ungkap Pomo.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.