Serda Hayat Bantu Petani Bersihkan Lahan Tanaman Kacang Tanah

0
206

KOTAMOBAGU – – Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu Serda Hayat membantu petani di Desa binaannya membersihkan rumput pada tanaman kacang tanah dengan luas lahan 0,5 hektar yang berada di Kelurahan Matali Kota Kotamobagu, Rabu (21/12/2022).

Rumput liar ini akan mengganggu pertumbuhan tanaman kacang tanah apabila tidak dibersihkan secepatnya. Serda Hayat yang ikut memembantu petani membersihkan rumput terlihat berada diantara mereka. Dengan menggunakan alat cangkul, Babinsa bersama Harianto Makalalag (pemilik lahan) secara bergantian mencabut rumput di lahan tersebut.

Serda Hayat dalam kesempatan itu turut menjelaskan pengaruh rumput pada tanaman kacang tanah. Selain akan menghambat pertumbuhan kacang tanah, rumput ini juga akan memikat dan menimbulkan hama tanaman seperti ulat daun.

“Rumput ini kalau tidak segera dibersihkan akan didatangi ulat daun dan tanaman kacang tanah ini pun akan ikut dirusak oleh ulat daun. Rumput ini harus segera dibersihkan agar pertumbuhan tanaman kacang tanah juga bisa maksimal,” ujar Babinsa.

Sementara itu, Pemilik lahan Harianto Makalalag mengatakan bantuan dari Babinsa menambah semangatnya untuk bekerja demi meningkatkan hasil yang banyak, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Koramil 1303-01/Kotamobagu khususnya Babinsa yang telah peduli dan meluangkan waktunya untuk membantu setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.