Gunakan Hand Traktor, Pratu Fahmi Bantu Petani Bajak Sawah

0
48

B O L M U T – – Membajak sawah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan para petani untuk menggemburkan lahan pertanian mereka sebelum memasuki masa tanam, Seperti yang dilaksanakan oleh Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-14/Bolangitang Pratu Fahmi yang dengan cekatan turun ke sawah, Rabu (11/01/2022).

Kehadiran Pratu Fahmi adalah untuk membantu petani membajak sawah milik Ramlan Paputungan (35) yang merupakan salah seorang petani yang berada di wilayah binaannya, yaitu di Desa Iyok Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Saat dikonfirmasi, Pgs Danramil 1303-14/Bolangitang Serma Iskandar Mardani mengatakan, Guna mendukung program Ketahanan Pangan para Babinsa harus turun langsung membantu petani mulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami, pembibitan sampai dengan nanti saat panen tiba.

“Kegiatan itu dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam. Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukan menjemur padi atau gabah hasil panen,” ujarnya.

Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan milik para petani tidak terbiarkan atau terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang menganggur di wilayah masing masing Babinsa.

“Bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani tahun ini akan meningkat, kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa selain mendampingi para petani supaya kehidupannya lebih sejahtera juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, sehingga tercapai program yang dicanangkan pemerintah tentang Swasembada Pangan Nasional,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.