Peringati Hari TB Sedunia, Dinkes Boltim Bakal Kunjungi 1000 Rumah Warga

0
972

Boltim, inatonreport.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) akan mencanangkan gerakan ketuk pintu 1.000 rumah warga, dalam rangka memperingati hari Tuberkulosis (TB) sedunia yang jatuh pada 24 Maret 2017 nanti.

Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi, mengatakan, gerakan ketuk pintu sendiri adalah kegiatan kunjungan rumah yang dilakukan kader, yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang TB.

“Gerakan ini, para kader akan melakukan skrining untuk menemukan orang terduga TB, serta merujuk terduga TB untuk memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan,”  katanya, Rabu (08/03).

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Wabah Dinkes Boltim, Sammy Rarung menambahkan, gerakan ketuk pintu tersebut nantinya disebar merata pada tujuh puskesmas di Boltim.

“Para kader bertugas untuk mencari warga yang diduga menderita penyakit TBC di masing-masing wilayah Puskesmas,” terang Rarung.

Dinkes Boltim, menurut dia, memasang target 1.000 rumah dan setiap Puskemas menangani 145 guna mengkampanyekan gerakan tersebut.

“Mereka dibekali format edukasi dalam rangka memberikan informasi seputar TB terutama gejala, cara penularan, cara pengobatan, tes dahak dan sebagainya. Kader melakukan skrining pada semua anggota rumah apakah ada yang menderita batuk berdahak, dapat disertai gejala lain,” pungkasnya. (kbm/her)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.